You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Puluhan
Desa Puluhan

Kec. Trucuk, Kab. Klaten, Provinsi Jawa Tengah

Pemberian Modul Web Desa Puluhan Dari Mahasiswa KKN UNDIP Untuk Perangkat Desa

Administrator-ii 15 Februari 2024 Dibaca 262 Kali
Pemberian Modul Web Desa Puluhan Dari Mahasiswa KKN UNDIP Untuk Perangkat Desa

Dalam dunia yang sudah serba teknologi ini, adalah hal wajib bagi manusia untuk paham akan teknologi yang ada ataupun aplikasi yang mungkin akan membantu. Namun bukan berarti semua orang langsung dapat paham mengenai teknologi. ada beberapa faktor yang mempengaruhi namun biasanya yang umum terjadi adalah karena orang tidak begitu paham mengenai cara kerja teknologi yang kompleks bagi mereka. Hal ini sering terjadi pada orang yang sudah lanjut usia atau orang itu berada di daerah dimana teknologi itu masih baru. Hal inilah yang terjadi di Desa Puluhan.

Dikarenakan faktor usia, para perangkat desa sedikit sulit untuk memahami tentang teknologi yang ada, jika adapun teknologi itu harus yang mereka sering pakai agar mereka terbiasa seperti mesin fotocopy atau mesin printer. Untuk urusan digital, biasanya para perangkat desa meminta satu orang lebih muda untuk mengurus hal tersebut. Salah satu program multidisiplin yang dibawa oleh para mahasiswa UNDIP adalah pembuatan website desa yang berisi beberapa informasi seperti, peta wilayah, IDM (Indeks Desa Membangun), sejarah, dan lain - lain. Tapi dikarenakan perangkat desa sulit memahami teknologi, maka diperlukan sebuah panduan untuk mengoperasikan website itu yang nantinya dapat membantu desa dalam memberikan informasi kepada masyarakat Desa Puluhan. Maka dari itu, salah satu mahasiswa membuat modul yang berjudul "Modul Web Profil Desa Puluhan".

Isi dari modul ini adalah informasi dasar mengenai pengoperasian website hingga penjelasan beberapa fitur yang ada di dalam. Modul ini dipastikan dapat dipahami oleh orang muda yang kurang paham teknologi, karena dijelaskan dengan sedetil mungkin serta dilengkapi gambar dan tanda panah tiap fitur yang ada didalamnya. Modul ini diberikan saat bersamaan dengan penyerahan website kepada perangkat desa. Selain memberikan modul, mahasiswa juga memberikan pelatihan kepada salah satu perangkat desa yang sering berinteraksi dengan teknologi. 

Oleh karena itu diharapkan modul ini dapat membantu perangkat desa dalam mengoperasikan website profil desa puluhan. yang mana dapat membantu masyarakat desa dalam menerima informasi penting dari perangkat desa. Tentunya akan sangat membantu dalam komunikasi antara perangkat desa dengan masyarakat. 

Penulis : Raung Kawijayan

Dosen Pembimbing Lapangan : Ardiana Alifatus Sa’adah, S.Si., M.Si

Lokasi KKN : Desa Puluhan, Kecamatan Trucuk

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image