You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Puluhan
Desa Puluhan

Kec. Trucuk, Kab. Klaten, Provinsi Jawa Tengah

Pembuatan Website Profil Desa Sebagai Sarana Akuntabilitas dan Transparasi Publik serta Promosi Potensi Desa Puluhan

Administrator-ii 04 Februari 2024 Dibaca 280 Kali
Pembuatan Website Profil Desa Sebagai Sarana Akuntabilitas dan Transparasi Publik serta Promosi Potensi Desa Puluhan

Manusia sekarang sudah tinggal di era globalisasi dimana internet sudah menjadi bagian dari kehidupan pribadinya, dan memiliki keberadaan online adalah keharusan, bahkan untuk desa-desa kecil sekalipun. Membangun sebuah website untuk desa dapat menjadi langkah yang signifikan dalam meningkatkan komunikasi, akses informasi, dan keterlibatan masyarakat secara keseluruhan. Maka dari itu, Tim KKN UNDIP membuat website desa yang dapat menyediakan informasi dan keperluan administrasi yang diperlukan secara digital.

Website desa ini menggunakan OpenSID yang basisnya menggunakan bahasa PHP (Hypertext Preprocessor). PHP atau Hypertext Preprocessor sendiri adalah bahasa skrip dengan fungsi umum yang terutama digunakan untuk pengembangan web. untuk OpenSID adalah Sistem Informasi Desa (SID) yang sengaja dibuat supaya terbuka dan dapat dikembangkan bersama-sama oleh komunitas peduli SID.

Untuk bisa berjalan dalam dunia internet tentunya perlu berjalan di server yang berkualitas. Maka Ubuntu Linux dipilih karena sebagai sistem operasi yang sudah umum digunakan dalam menjalankan server web selain itu memiliki kestabilan, keamanan, dan kemampuan untuk mengelola lalu lintas jaringan yang tinggi adalah beberapa alasan mengapa Linux sering digunakan dalam lingkungan server. Untuk menjamin keamanan dari website ini agar data didalamnya tidak bocor maka diperlukan protokol HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) yang menggunakan SSL /TLS protokol untuk enkripsi dan otentikasi.

Dalam website desa ini ada beberapa fitur dan informasi yang ditambahkan seperti adanya visi misi desa, profil desa yang berisi dukuh dan potensi Desa Puluhan, sejarah desa, serta status IDM desa yang diambil 2023 kemarin. Selain itu ditambahkan informasi jam kerja balai desa dan adanya peta wilayah Desa Puluhan serta lokasi Balai Desa Puluhan. di website ini juga ada otentikasi dimana admin dapat mengatur tampilan dari website ini, menambahkan artikel serta informasi - informasi seperti statistik penduduk, keuangan yang dapat membantu desa dalam transparasi keuangan desa. Serta dalam website ini juga dapat memberikan layanan digitalisasi pernyuratan yang tentunya dapat membantu masyarakat dalam kebutuhan administrasi. Dari penuturan tadi terlihat bahwa website ini punya banyak fitur yang telah disediakan oleh OpenSID dan penggunaan website ini diserahkan secara 100% kepada Desa Puluhan tentang bagaimana dalam penggunaanya yang disesuaikan kembali dengan masyarakat Desa Puluhan.

Diharapkan website ini dapat membantu masyarakat dan perangkat Desa Puluhan dalam akses informasi dan pemberian informasi yang lebih baik.  Pembangunan website desa ini adalah langkah penting menuju pemberdayaan masyarakat dan menciptakan hubungan yang lebih kuat di era digital ini.

Penulis : Raung Kawijayan

Dosen Pembimbing Lapangan : Ardiana Alifatus Sa’adah, S.Si., M.Si

Lokasi KKN : Desa Puluhan, Kecamatan Trucuk

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image