You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Puluhan
Desa Puluhan

Kec. Trucuk, Kab. Klaten, Provinsi Jawa Tengah

Kreasi Edukatif : Mahasiswi KKN UNDIP TIM 1 Memperkenalkan Cara Menabung yang Baru Menggunakan Amplop pada Siswa Sekolah Dasar di Desa Puluhan

Administrator-ii 05 Februari 2024 Dibaca 285 Kali
Kreasi Edukatif : Mahasiswi KKN UNDIP TIM 1 Memperkenalkan Cara Menabung yang Baru Menggunakan Amplop pada Siswa Sekolah Dasar di Desa Puluhan

Desa Puluhan, Trucuk (20/01/24) — Menurut KBBI, menabung adalah menyimpan uang (di celengan, pos, bank, dan sebagainya). Menabung dapat diajarkan sedini mungkin yang dapat dimulai dari rumah hingga sekolah. Manfaat yang dapat diambil dari mengajarkan menabung pada anak-anak salah satunya adalah untuk mengajarkan mereka hidup mandiri dan disiplin. Di usia mereka yang masih memiliki emosi yang belum stabil, kegiatan menabung juga sangat membantu mereka dalam melatih kesabaran dan kedisiplinan untuk mendapatkan keinginan mereka tanpa harus meminta uang kepada orang tua.

Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa KKN Undip Tim I TA 2023/2024 melakukan program pendampingan dan pengedukasian pentingnya menabung sejak dini. Anak-anak SD merupakan kelompok yang tepat untuk mengimplementasikan program menabung ini karena dapat membentuk kebiasaan positif sejak usia dini. Oleh karena itu, program ini dilaksanakan di SD IT AL MA’ARIF pada hari Sabtu, 20 Januari 2024. Dalam program pendampingan dan pengedukasian pentingnya menabung sejak dini ini, mahasiswa KKN Tim I memberikan pemahaman baru tentang pentingnya menabung, manfaat menabung, dan cara menabung yang baru selain di bank dan celengan.

Mahasiswa KKN Tim I Undip memperkenalkan cara baru menabung menggunakan amplop. Amplop ini memiliki target nominal yang wajib ditabung oleh siswa-siswi per harinya. Setelah dilakukannya pengedukasian, para siswa diberikan amplop untuk mereka menabung. Selain itu, untuk menguji pemahaman para siswa tentang pentingnya menabung, maka dilakukan kuis edukasi dengan hadiah menarik.

Siswa SD IT AL MA’ARIF tepatnya siswa dan siswi di kelas 3 sangat antusias dalam mengikuti kegiatan menabung setelah diberikan amplop. Tidak sedikit dari mereka yang terlihat memasukan sebagian uang jajan mereka langsung ke dalam amplop. Melalui kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan langsung ke sekolah dasar merupakan hal yang efektif untuk mengenalkan konsep menabung yang baru kepada anak-anak. Program ini diharapkan dapat membentuk kebiasaan baru dalam meningkatkan kegiatan menabung sejak dini.

Penulis : Clara Suci Prabandini

Dosen Pembimbing Lapangan : Ardiana Alifatus Sa’adah, S.Si., M.Si

Lokasi KKN : Desa Puluhan, Kecamatan Trucuk

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image