You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Puluhan
Desa Puluhan

Kec. Trucuk, Kab. Klaten, Provinsi Jawa Tengah

Mengembangkan Branding Desa dengan Pentingnya Profil Desa : Reportase KKN Tim I 2023/2024 Universitas Diponegoro Semarang di Desa Puluhan, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten

Administrator-ii 05 Februari 2024 Dibaca 253 Kali
Mengembangkan Branding Desa dengan Pentingnya Profil Desa : Reportase KKN Tim I 2023/2024 Universitas Diponegoro Semarang di Desa Puluhan, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten

Trucuk (30/01/2024) — Desa Puluhan merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten yang mana memiliki 8 dukuh yang terbagi atas utara dan selatan wilayah desa. Dalam pengembangan branding desa dengan membangun sebuah profil wilayah Desa Puluhan, berisikan mengenai peta administrasi dukuh dan RT yang ada di Desa Puluhan, serta profil wilayah yang berisikan kependudukan, potensi, dan peta guna lahan yang ada di desa ini. Pengembangan branding desa menjadi fokus utama dalam program tim KKN dengan ini dengan mengidentifikasi potensi lokal yang ada di Desa Puluhan, mulai dari sektor pertanian hingga kearifan lokal. Bertujuan untuk mendalami karakteristik desa sehingga dapat meningkatkan citra Desa Puluhan sebagai salah stau destinasi yang menarik.

 

Pada tanggal 30 Januari 2024, Mahasiswa KKN Undip Tim I Tahun 2023/2024 di Desa Puluhan, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten membantu dalam pembuatan peta batas administrasi desa serta pembuatan profil wilayah desa dalam bentuk stand banner yang menjadi program kerja mahasiswa KKN Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang. Melalui program kerja ini, diharapkan mahasiswa dalam berperan aktif dalam pengembangan wilayah desa yang lebih baik. Dalam pembuatan branding Desa Puluhan memiliki dua output yaitu Peta Administrasi Desa dan Profil Wilayah Desa dalam bentuk stand banner.

 

Urgensi yang ada dalam pembuatan peta administrasi desa, yakni berkaitan dengan pendataan dan pencatatan penduduk yang sesuai dengan batas wilayah administrasi yang dimiliki oleh tiap dukuhnya sehingga dapat mengoptimalkan perencanaan pembangunan desa yang sesuai dan membantu dalam pengorganisisasian masyarakat desa. Selain itu, keberadaan profil wilayah desa yang berupa stand banner memiliki urgensi terkait dengan sarana informasi yang berisikan mengenai informasi penting terkait dengan potensi, kependudukan, website desa, ketersediaan sarana pelayanan desa, peta administrasi desa, serta penggunaan lahan yang ada sehingga dapat membangun identititas desa dapat mempermudah komunikasi yang terjadi antara pemerintah desa dengan masyarakat umum.

Dalam pembuatah peta administrasi desa, melibatkan peran serta perangkat desa dalam membantu pemetaan batas dari setiap dukuh dan RT sehingga sesuai dengan pengetahuan warga dan administrasi yang tercantum dalam peraturan yang ada di kabupaten. Keterlibatan perangkat desa berupa wawancara serta telaah dokumen menggunakan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Desa) tahun 2024 serta RPJM Desa (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa) tahun 2020–2025 untuk memastikan kebenaran isi dari program kerja dan keberlanjutan hasil program dalam jangka panjang. Pemetaan batas administrasi dukuh Desa Puluhan digunakan untuk membantu dalam mengidentifikasi lokasi strategis yang dapat digunakan dalam pengoptimalan dan pengimplementasian pembangunan yang efektif dan merata di seluruh wilayah Desa Puluhan. Selain itu, pengembangan branding desa yang berdasarkan pada karakteristik desa.

Dengan adanya program kerja yang disusun oleh mahasiswa KKN Undip Tim I Tahun 2023/2024 diharapkan dapat membantu dalam pengembangan branding desa yang dapat berkelanjutan. Selain itu, pembuatan profil wilayah desa diharapkan dapat mengoptimalkan pembangunan yang merata dan optimal sehingga dapat mengelola sumber potensi yang ada semaksimal mungkin untuk pembangunan desa.

Penulis : Vania Arsanti

Dosen Pembimbing Lapangan : Ardiana Alifatus Sa’adah, S.Si., M.Si

Lokasi KKN : Desa Puluhan, Kecamatan Trucuk

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image